MEMBUAT GARIS HORIZONTAL DAN VERTIKAL DI DEV C++ DENGAN OPENGL

04.29 Unknown 0 Comments


Disini saya akan menjelaskan tugas Mata Kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra tentang cara membuat Garis Vertical, Horizontal dan Diagonal dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++ dan memakai Library dari OpenGL yaitu Glut.h .

Sekilas tentang OpenGL. OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.
Untuk pembuatan ketiga garis ini berikut langkah dan cara     :
Ø  Download dan install program Dev C++.
Ø  Jika sudah buka tampilan dev c++, kemudian masukkan Package yang diperlukan (Glut.h), dengan cara klik Tool pada menubar, lalu pilih Package Manajer.

Ø  Lalu muncul tampilan package manajer, klik install, lalu pilih library yang akan dimasukkan (glut-3.7.6-bin) ditempat anda menyimpan library tersebut, jika sudah lalu pilih Open, akan muncul tampilan penginstallan.
Pilih Install dan tunggu sampai proses penginstallan selesai, kemudian Finish. Berarti package selesai di install.
Ø  Kemudian untuk membuat program, pilih File >> New >> Projek



Ø  Kemudian muncul tampilan kotak New Projek. Disini saya memilih Console Application, kemudian masukkan nama file sesuai keinginan, disini sama menyimpan dengan nama Tugas, lalu OK


Ø  Kemudian muncul layar kodingan, dan sudah bisa mengetikkan kodingan garis pada tampilan main.cpp tersebut.

Ø  Inilah Koding yang saya gunakan untuk membuat 3 garis tersebut :



Keterangan Logika dari Program  :
Ø  Sintak include digunakan untuk memanggil semua file Header yang dibutuhkan dalam pembuatan program, iostream sebagai input dan output sedangkan glu,glut,gl berguna agar program dapat menggunakan statement-statement OpenGL.
Ø  Kemudian Void Vertikal, Void Horizontal dan Void Diagonal adalah function yang digunakan untuk menjalankan program ketika user menginput pada tampilan nilai menu.
Ø  cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau kalimat yang berada didalam tanda petik dua.
Ø  Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel adalah cin >> a, setelah tanda >> adalah sebuah variabel.
Ø  glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
Ø  glPushMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
Ø  glColor3f (1.0,1.0,1.0); Digunakan untuk menentukan warna garis/titik.
Ø  glBegin (GL_LINES); Digunakan untuk menggambar garis dari titik.
Ø  glVertex3f (x+0.5,a+0.5,0.0); Digunakan untuk menentukan titik awal.
Ø  glVertex3f (x+0.5,b+0.5,0.0);Digunakan untuk menentukan titik awal.
Ø  glEnd (); Digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
Ø  glPopMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
 menu :
    int a;
    cout<<"MENU \n";
    cout<<"1. Garis Vertikal \n";
    cout<<"2. Garis Horizontal \n";
    cout<<"3. Garis Diagonal \n";
    cout<<"4. Exit \n";
    cout<<"Masukkan Pilihan Anda [1..4} : "; cin>>a;
    cout<<"\n";
sintak diatas, menjelaskan bentuk tampilan menu dimana pilihan menu hanya sampai pada angka 4, menu: menunjukkan sebuah label yang bernama menu, int a menunjukkan sebuah variabel bertipe data integer atau angka yang bernama a, kemudian cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau kalimat yang berada di daam tanda kutip 2. Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel bernama a
switch(a)
           {
          case 1:
               glutDisplayFunc(Vertikal);
               glutMainLoop();
               return 0;
          case 2:
               glutDisplayFunc(Horizontal);
               glutMainLoop();
               return 0;
          case 3:
               glutDisplayFunc(Diagonal);
               glutMainLoop();
               return 0;
          case 4:
               break;
               return 0;
          default:
                   cout<<"Pilihan Anda Salah \n \n"; goto menu;}
Statementt switch digunakan untuk melakukan pemilihan ekspresi atau kondisi yang memeiliki nilai-nilai konstanta. Digunakan dalam pembuatan tampilan menu. Pada sintak ini pemilihan kondisi dari switch akan di simpan pada variabel a. case 1 atau pilihan 1 akan memanggil dan menampilkan function dari program vertical, case 2 akan memanggil function garis Horizontal, case 3 atan menampilkan function garis Diagonal, case 4 atau pilhan 4 menunjukkan bahwa program break atau melompat keluar dari statement switch program. Default berfungsi untuk pilihan variable yang tidak ada atau pilihan case yang tidak ada maka akan dijanlankan fungsi default ini, dan akan menampilkan kalimat “Pilihan Anda Salah”, kemudian break atau program akan keluar dari statement switch dan menuju label menu
Ø  } Tanda kurung ini digunakan untuk menutup pengetikkan sintaks switch
Ø  Untuk menjalankan program, compile terlebih dahulu program untuk memastikan bahwa tidak ada file yang error. Dengan menekan tombol ctrl + f9 atau bisa dengan mengklik execute pada menu bar lalu bilih compile. Jika program berhasil maka compile done atau sukses

Ø  Kemudian pilih run untuk jalankan program, atau bisa langsung menjalankan namafile.exe (Tugas.exe) sesuai dengan nama yang anda simpan sebelumnya.
 Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Ø  Pilih salah-satu inputan
Ø  Untuk pilihan 1 (Garis Vertikal) memiliki syarat bahwa nilai Y awal harus sama dengan X tetap, berikut tampilannya:
Ø  Untuk pilihan 2 (Garis Horizontal) memiliki syarat bahwa nilai X awal harus sama dengan Y tetap, berikut tampilannya:



Ø  Untuk pilihan 3 (Garis Diagonal) memiliki syarat bahwa Nilai X0 dan Y0 harus bernilai 0 sedangkan untuk X1 dan Y1 Harus diisi dengan nilai selain 0 sebagai derajat pembuat garis.



Ø  Jika menginput angka 4, maka program akan berhenti atau berakhir
Ø  Jika menginput selanai angka 1 sampa 4 maka program aka menampilkan tampilan :




You Might Also Like

0 komentar: