MEMBUAT GARIS HORIZONTAL DAN VERTIKAL DI DEV C++ DENGAN OPENGL
Disini saya akan
menjelaskan tugas Mata Kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra tentang cara
membuat Garis Vertical, Horizontal dan Diagonal dengan menggunakan Bahasa
Pemrograman C++ dan memakai Library dari OpenGL yaitu Glut.h .
Sekilas
tentang OpenGL. OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL
itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas
bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer
dalam bentuk 2D ataupun 3D.
Untuk pembuatan
ketiga garis ini berikut langkah dan cara :
Ø Download dan install program Dev C++.
Ø Jika
sudah buka tampilan dev c++, kemudian masukkan Package yang diperlukan
(Glut.h), dengan cara klik Tool pada menubar, lalu pilih Package Manajer.
Ø Lalu muncul tampilan package manajer, klik install, lalu pilih
library yang akan dimasukkan (glut-3.7.6-bin) ditempat anda menyimpan library
tersebut, jika sudah lalu pilih Open, akan muncul tampilan penginstallan.
Pilih Install dan tunggu sampai proses penginstallan selesai,
kemudian Finish. Berarti package selesai di install.
Ø Kemudian untuk membuat program, pilih File >> New >>
Projek
Ø Kemudian muncul tampilan kotak New Projek. Disini saya memilih
Console Application, kemudian masukkan nama file sesuai keinginan, disini sama
menyimpan dengan nama Tugas, lalu OK
Ø Kemudian muncul layar kodingan, dan sudah bisa mengetikkan
kodingan garis pada tampilan main.cpp tersebut.
Ø Inilah Koding yang saya
gunakan untuk membuat 3 garis tersebut :
Keterangan Logika dari Program :
Ø Sintak include digunakan untuk memanggil semua file Header yang
dibutuhkan dalam pembuatan program, iostream sebagai input dan output sedangkan
glu,glut,gl berguna agar program dapat menggunakan statement-statement OpenGL.
Ø Kemudian Void Vertikal, Void Horizontal dan Void Diagonal adalah
function yang digunakan untuk menjalankan program ketika user menginput pada
tampilan nilai menu.
Ø cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau kalimat
yang berada didalam tanda petik dua.
Ø Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel,
dimana variabel adalah cin >> a, setelah tanda >> adalah
sebuah variabel.
Ø glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Digunakan untuk membersihkan layar
latar belakang dengan warna hitam.
Ø glPushMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
Ø glColor3f (1.0,1.0,1.0); Digunakan untuk menentukan warna
garis/titik.
Ø glBegin (GL_LINES); Digunakan untuk menggambar garis dari titik.
Ø glVertex3f (x+0.5,a+0.5,0.0); Digunakan untuk menentukan titik
awal.
Ø glVertex3f (x+0.5,b+0.5,0.0);Digunakan untuk menentukan titik
awal.
Ø glEnd (); Digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
Ø glPopMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
menu :
int a;
cout<<"MENU \n";
cout<<"1. Garis Vertikal \n";
cout<<"2. Garis Horizontal \n";
cout<<"3. Garis Diagonal \n";
cout<<"4. Exit \n";
cout<<"Masukkan Pilihan Anda [1..4} : "; cin>>a;
cout<<"\n";
sintak diatas, menjelaskan bentuk
tampilan menu dimana pilihan menu hanya sampai pada angka 4, menu: menunjukkan
sebuah label yang bernama menu, int a menunjukkan sebuah variabel bertipe data
integer atau angka yang bernama a, kemudian cout berfungsi untuk mencetak dan
menampilkan string atau kalimat yang berada di daam tanda kutip 2. Cin
digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel
bernama a
switch(a)
{
case 1:
glutDisplayFunc(Vertikal);
glutMainLoop();
return 0;
case 2:
glutDisplayFunc(Horizontal);
glutMainLoop();
return 0;
case 3:
glutDisplayFunc(Diagonal);
glutMainLoop();
return 0;
case 4:
break;
return 0;
default:
cout<<"Pilihan Anda Salah \n \n"; goto menu;}
Statementt switch digunakan untuk
melakukan pemilihan ekspresi atau kondisi yang memeiliki nilai-nilai konstanta.
Digunakan dalam pembuatan tampilan menu. Pada sintak ini pemilihan kondisi dari
switch akan di simpan pada variabel a. case 1 atau pilihan 1 akan memanggil dan
menampilkan function dari program vertical, case 2 akan memanggil function
garis Horizontal, case 3 atan menampilkan function garis Diagonal, case 4 atau
pilhan 4 menunjukkan bahwa program break atau melompat keluar dari statement
switch program. Default berfungsi untuk pilihan variable yang tidak ada
atau pilihan case yang tidak ada maka akan dijanlankan fungsi default ini, dan
akan menampilkan kalimat “Pilihan Anda Salah”, kemudian break atau program akan
keluar dari statement switch dan menuju label menu
Ø } Tanda kurung ini digunakan untuk menutup pengetikkan sintaks
switch
Ø Untuk menjalankan program, compile terlebih dahulu program untuk
memastikan bahwa tidak ada file yang error. Dengan menekan tombol ctrl + f9
atau bisa dengan mengklik execute pada menu bar lalu bilih compile. Jika
program berhasil maka compile done atau sukses
Ø Kemudian pilih run untuk jalankan program, atau bisa langsung
menjalankan namafile.exe (Tugas.exe) sesuai dengan nama yang anda simpan
sebelumnya.
Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Ø Pilih salah-satu inputan
Ø Untuk pilihan 1 (Garis Vertikal) memiliki syarat bahwa nilai Y
awal harus sama dengan X tetap, berikut tampilannya:
Ø Untuk pilihan 2 (Garis Horizontal) memiliki syarat bahwa nilai X
awal harus sama dengan Y tetap, berikut tampilannya:
Ø Jika menginput angka 4, maka program akan berhenti atau berakhir
Ø Jika menginput selanai angka 1 sampa 4 maka program aka
menampilkan tampilan :
0 komentar: